مقالة
طريقة
تعلّم اللّغة في المجتمع
مقدمة لتأدية والظيفة المقرورة
بالمادة : الترجمة ۳
المحاضر : محفوظ صديق الماجستير

إعداد :
فيتا وحي راشدة (۱٤٠٣٠٢٦٠٧٠)
كلية علوم التربية والتدريس
قسم تعليم اللغة العربية
جامعة والي سونجوالإسلامية
الحكومية سمارانج
۲٠۱٦
DAFTAR PUSTAKA
Djajadisastra,
Jusuf. 1982. Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa
http://umuassyam.blogspot.co.id/2012/12/metode-pengajaran-berkelompok-together.html
I.
PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan, suatu cara yang digunakan oleh pendidik dalam
mencapai tujuan pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran. Tentunya ada
banyak metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah. Terutama penerapan metode dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran
bahasa merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang
guru agar anak didik yang diajari bahasa tertentu melakukan kegiatan belajar
dengan baik, sehingga kondusif untuk mencapai tujuan belajar bahasa. Beberapa metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa diantaranya
adalah metode diskusi dan berkelompok. Karena tidak akan terwujudnya suatu
bahasa jika dilakukan secara individu. Oleh karena itu, makalah kami akan
membahas tentang belajar bahasa secara berkelompok.
I. مقدّمة
وفي مجال التعليم، والوسائل المستخدمة من قبل المعلمين في
تحقيق أهداف التعلم هي من خلال أساليب التعلم. بالطبع، هناك
العديد من الأساليب التطبيقية التعلم في المدارس. وخاصة تطبيق
الأساليب في تعلم اللغة. تعلم اللغة هو نشاط التدريس بشكل مثالي من قبل معلم إذا كان
الطلاب الذين يدرس أنشطة التعلم بلغة معينة بشكل جيد، بحيث يفضي إلى تحقيق الهدف
من تعلم اللغة. وغالبا ما تستخدم عدة طرق في تعلم اللغة بينهم هو طريقة
المناقشة والمجموعات. لأنه سيكون هناك تحقيق من لغة في حال القيام به بشكل فردي. ولذلك، فإن ورقتنا مناقشة تعلم اللغة في مجموعات.
II.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
Pengertian Metode Berkelompok?
2.
Bagaimana
Langkah-Langkah Penggunaan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok?
3.
Apa
Kelebihan dan Kekurangan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok?
II.
صياغة المشكلات
١. ما هو تعريف الطريقة المجتمعة؟
٢. كيف الخطوات باستخدام طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع؟
٣. ما هي مزايا و عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع؟
III.
PEMBAHASAN
A.
Definisi Metode Kelompok
Metode kelompok
atau metode diskusi merupakan suatu metode mengajar di mana murid-murid disusun
dalam kelompok-kelompok pada waktu menerima pelajaran atau mengerjakan
tugas-tugasnya.
Ciri yang khas
dari metode ini adalah bahwa pada akhirnya semua kelompok yang ada di kelas
itu, ikut bertanggung jawab atas hasil yang dicapai oleh setiap kelompok. Tugas
setiap kelompok mungkin sama tetapi mungkin pula berbeda-beda, akan tetapi
secara keseluruhan tugas-tugas itu tetap merupakan satu kesatuan. Dan
pengorganisasian pada metode ini, murid-murid menjadi kelompok-kelompok
memainkan peranan penting agar hasil belajar dapat mencapai hasil yang
memuaskan.[1]
III.
المباحث
أ. تعربف الطريقة المجتمعة
الطريقة المجمعة أو المناقشة
هي طريقة التعليم التي يتم تنظيم الطلاب إلى مجموعات في وقت
تلقي درسا أو أداء واجباته.
وهناك سمة مميزة لهذا الأسلوب هو أنه في نهاية كل المجموعات في الصف، مسؤولة
جزئيا عن النتائج وفقا لكل مجموعة تحقيقه. مهمة كل مجموعة
قد تكون هي نفسها ولكن قد تختلف أيضا، ولكن تبقى المهام الشاملة كيان واحد. وتنظيم
في هذه الطريقة، والطلاب إلى مجموعات تلعب دورا هاما لنتائج التعلم يمكن أن يحقق
نتائج مرضية.
B.
Langkah-langkah
penggunaan belajar bahasa secara berkelompok
1.
Guru
membagi murid-murid ke dalam kelompok-kelompok,
tiap-tiap kelompok terdiri dari lima atau tujuh orang.
2.
Guru mengajukan problema
yang akan dibahas pada kelompok-kelompok.
3.
Masing-masing
kelompok mulai mendiskusikannya.
4.
Guru menunjuk salah
satu kelompok yang sudah siap dengan jawabannya.
5.
uru
meminta pendapat dari kelompok yang lainnya.
ب. الخطوات
باستخدام طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع
١. يقسم المعلّم الطلاب إلى المجموعات،
و كل المجموعة تتكون من خمسة أو سبعة أشخاص.
٢. قدّم المعلّم المشكلة التي تبحث على الجماعات.
٣. بدأ كل المجموعة أن تناقشها
٤. أشاد المعلّم إلى المجموعة المستعدة بالإجابة.
٥. طلب المعلّم من رأي المجموعة أخرى.
٦. و بعد ذلك، يجارب الطلاّب أن يجعلوا خلاصة محصّلة المناقشة.
٢. قدّم المعلّم المشكلة التي تبحث على الجماعات.
٣. بدأ كل المجموعة أن تناقشها
٤. أشاد المعلّم إلى المجموعة المستعدة بالإجابة.
٥. طلب المعلّم من رأي المجموعة أخرى.
٦. و بعد ذلك، يجارب الطلاّب أن يجعلوا خلاصة محصّلة المناقشة.
C.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok
Kelebihan metode kelompok:
1.
Murid-murid lebih mudah diawasi dan dibimbing karena
dikumpulkan dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil daripada kelas.
2.
Kebebasan yang diberikan metode ini kepada siswa-siswa untuk memilih judul
yang memulai dialog juga ikut serta di dalamnya.
3.
Memperkenalkan kefasihan berbahasa sesuai kaidah. Memperbaiki kesalahan
siswa. Guru memotivasi siswa untuk menambah penggunaan bahasa tujuan.
4.
Guru membantu murid dalam mencapai pemahaman kaidah bahasa. Guru juga
membantu penggunaan kosakata, ungkapan dan susunan bahasa tujuan agar mudah dipahami.[3]
ج. مزايا و عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع
أمّا مزايا طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع، فمنها :
١. الطلاب مراقبتها
بشكل أكثر سهولة وإرشادهم كما جمعها في مجموعات صغيرة من الطبقات.
٢. هذه الحرية طريقة
معينة للطلاب لاختيار العنوان الذي بدأ حوار شارك أيضا في ذلك. على المعلمين أن لا تتدخل في ذلك، والمعلم يساعد فقط تقليل
التوتر وأخطائهم، حتى يتسنى للطلاب سعداء للمشاركة في الحوار.
٣. أعرف المعلّم طلاقة
اللّغة مناسبة القواعد. تحديد طالب أخطاء. المعلمون تحفيز الطلاب لزيادة استخدام اللغة الهدف.
٤. يساعد المعلم الطلاب في
وصول تفهيم قواعد اللغة. ويساعدهم أيضا في استخدام المفردات والتعبيرات تركيب لغة
الهدف كي تسهل لفهم.
Kelemahan metode kelompok
1.
Sulit
sekali membentuk kelompok yang kemudian dapat bekerja sama dengan harmonis.
2.
Penilaian
terhadap murid sebagai individu menjadi sulit karena tersembunyi di belakang
kelompok.
3.
Seluruh
waktu belajar didominasi atau dihabiskan kelompok yang pandai-pandai atau yang
berani berbicara.
4.
Dapat
saja terjadi bahwa kelompok mempunyai satu atau dua anggotanya yang lebih
banyak mengganggu diskusi dalam kelompoknya daripada ikut berpartisispasi dalam
kelompoknya.[4]
أمّا عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع، فمنها :
١. فمن الصعب تشكيل
جماعة ثم أن نعمل معا في وئام.
٢. تقييم التلاميذ
كأفراد ستكون صعبة لأنها خفية وراء المجموعة.
٣. كل وقت التعلم سيطره و قضىه مجموعة ذكية أو الشجعة للتّكلّم.
٤. يمكن أن يحدث أن
مجموعة لديها واحد أو اثنين من الأعضاء هم أكثر إثارة للقلق من شارك في المناقشة
في المجموعة في المجموعة.
IV.
KESIMPULAN
Metode kelompok
atau metode diskusi merupakan suatu metode mengajar di mana murid-murid disusun
dalam kelompok-kelompok pada waktu menerima pelajaran atau mengerjakan
tugas-tugasnya.
طريقة جماعة أو
مناقشة هي طريقة التدريس
التي يتم تنظيم الطلاب إلى مجموعات في وقت تلقي درسا أو أداء واجباته.
V.
PENUTUP
Demikian
pemaparan makalah mengenai metode langsung yang dapat di sampaikan. Saya
sebagai pemakalah menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini maih memiliki
banyak kekurangan. Oleh karena itu saya membutuhkan krtik dan saran yang sangat
membangun.
وبالتالي تعرض ورقة على الطريقة المباشرة، والتي يمكن
تسليمها أدركت أن كمتحدث في إعداد هذه الورقة لا يزال لديه
العديد من أوجه القصور لذلك أنا بحاجة انتقادات وكانت اقتراحات بناءة للغاية.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar