Rabu, 19 Juli 2017

Tarjamah 3_Belajar Bahasa Secara Berkelompok



مقالة
طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع
 مقدمة لتأدية والظيفة المقرورة
بالمادة : الترجمة ۳
المحاضر : محفوظ صديق الماجستير

إعداد :
فيتا وحي راشدة (۱٤٠٣٠٢٦٠٧٠)

كلية علوم التربية والتدريس
قسم تعليم اللغة العربية
جامعة والي سونجوالإسلامية الحكومية سمارانج
 ۲٠۱٦

DAFTAR PUSTAKA

Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa
http://umuassyam.blogspot.co.id/2012/12/metode-pengajaran-berkelompok-together.html
 

I.              PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan, suatu cara yang digunakan oleh pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran. Tentunya ada banyak metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah. Terutama penerapan metode dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang guru agar anak didik yang diajari bahasa tertentu melakukan kegiatan belajar dengan baik, sehingga kondusif untuk mencapai tujuan belajar bahasa. Beberapa metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa diantaranya adalah metode diskusi dan berkelompok. Karena tidak akan terwujudnya suatu bahasa jika dilakukan secara individu. Oleh karena itu, makalah kami akan membahas tentang belajar bahasa secara berkelompok.
I.  مقدّمة
وفي مجال التعليم، والوسائل المستخدمة من قبل المعلمين في تحقيق أهداف التعلم هي من خلال أساليب التعلم. بالطبع، هناك العديد من الأساليب التطبيقية التعلم في المدارس. وخاصة تطبيق الأساليب في تعلم اللغة. تعلم اللغة هو نشاط التدريس بشكل مثالي من قبل معلم إذا كان الطلاب الذين يدرس أنشطة التعلم بلغة معينة بشكل جيد، بحيث يفضي إلى تحقيق الهدف من تعلم اللغة. وغالبا ما تستخدم عدة طرق في تعلم اللغة بينهم هو طريقة المناقشة والمجموعات. لأنه سيكون هناك تحقيق من لغة في حال القيام به بشكل فردي. ولذلك، فإن ورقتنا مناقشة تعلم اللغة في مجموعات.
II.              RUMUSAN MASALAH
1.        Apa Pengertian Metode Berkelompok?
2.        Bagaimana Langkah-Langkah Penggunaan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok?
3.        Apa Kelebihan dan Kekurangan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok?
II.  صياغة المشكلات
١.  ما هو تعريف الطريقة المجتمعة؟
٢. كيف الخطوات باستخدام طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع؟
٣. ما هي مزايا و عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع؟
III.              PEMBAHASAN
A.      Definisi Metode Kelompok
Metode kelompok atau metode diskusi merupakan suatu metode mengajar di mana murid-murid disusun dalam kelompok-kelompok pada waktu menerima pelajaran atau mengerjakan tugas-tugasnya.
Ciri yang khas dari metode ini adalah bahwa pada akhirnya semua kelompok yang ada di kelas itu, ikut bertanggung jawab atas hasil yang dicapai oleh setiap kelompok. Tugas setiap kelompok mungkin sama tetapi mungkin pula berbeda-beda, akan tetapi secara keseluruhan tugas-tugas itu tetap merupakan satu kesatuan. Dan pengorganisasian pada metode ini, murid-murid menjadi kelompok-kelompok memainkan peranan penting agar hasil belajar dapat mencapai hasil yang memuaskan.[1]
III.  المباحث
أ. تعربف الطريقة المجتمعة
الطريقة المجمعة أو المناقشة هي طريقة التعليم التي يتم تنظيم الطلاب إلى مجموعات في وقت تلقي درسا أو أداء واجباته.
وهناك سمة مميزة لهذا الأسلوب هو أنه في نهاية كل المجموعات في الصف، مسؤولة جزئيا عن النتائج وفقا لكل مجموعة تحقيقه. مهمة كل مجموعة قد تكون هي نفسها ولكن قد تختلف أيضا، ولكن تبقى المهام الشاملة كيان واحد. وتنظيم في هذه الطريقة، والطلاب إلى مجموعات تلعب دورا هاما لنتائج التعلم يمكن أن يحقق نتائج مرضية.

B.     Langkah-langkah penggunaan belajar bahasa secara berkelompok
1.      Guru membagi murid-murid ke dalam kelompok-kelompok, tiap-tiap kelompok terdiri dari lima atau tujuh orang.
2.      Guru mengajukan problema yang akan dibahas pada kelompok-kelompok.
3.      Masing-masing kelompok mulai mendiskusikannya.
4.      Guru menunjuk salah satu kelompok yang sudah siap dengan jawabannya.
5.      uru meminta pendapat dari kelompok yang lainnya.
6.      Setelah itu, mencoba membuat kesimpulan hasil diskusi.[2]
ب.  الخطوات باستخدام طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع
١. يقسم المعلّم الطلاب إلى المجموعات، و كل المجموعة تتكون من خمسة أو سبعة أشخاص.
٢. قدّم المعلّم المشكلة التي
تبحث على الجماعات.
٣. بدأ كل
المجموعة أن تناقشها
٤. أشاد المعلّم إلى المجموعة المستعدة بالإجابة
.
٥. طلب المعلّم من رأي المجموعة أخرى.
٦. و بعد ذلك، يجارب الطلاّب أن يجعلوا خلاصة محصّلة المناقشة.
C.    Kelebihan dan Kekurangan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok
Kelebihan metode kelompok:
1.        Murid-murid lebih mudah diawasi dan dibimbing karena dikumpulkan dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil daripada kelas.
2.        Kebebasan yang diberikan metode ini kepada siswa-siswa untuk memilih judul yang memulai dialog juga ikut serta di dalamnya.
3.        Memperkenalkan kefasihan berbahasa sesuai kaidah. Memperbaiki kesalahan siswa. Guru memotivasi siswa untuk menambah penggunaan bahasa tujuan.
4.        Guru membantu murid dalam mencapai pemahaman kaidah bahasa. Guru juga membantu penggunaan kosakata, ungkapan dan susunan bahasa tujuan agar mudah dipahami.[3]
ج. مزايا و عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع
أمّا مزايا طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع، فمنها :
١. الطلاب مراقبتها بشكل أكثر سهولة وإرشادهم كما جمعها في مجموعات صغيرة من الطبقات.
٢. هذه الحرية طريقة معينة للطلاب لاختيار العنوان الذي بدأ حوار شارك أيضا في ذلك. على المعلمين أن لا تتدخل في ذلك، والمعلم يساعد فقط تقليل التوتر وأخطائهم، حتى يتسنى للطلاب سعداء للمشاركة في الحوار.
٣. أعرف المعلّم طلاقة اللّغة مناسبة القواعد. تحديد طالب أخطاء. المعلمون تحفيز الطلاب لزيادة استخدام اللغة الهدف.
٤. يساعد المعلم الطلاب في وصول تفهيم قواعد اللغة. ويساعدهم أيضا في استخدام المفردات والتعبيرات تركيب لغة الهدف كي تسهل لفهم.

Kelemahan metode kelompok
1.        Sulit sekali membentuk kelompok yang kemudian dapat bekerja sama dengan harmonis.
2.        Penilaian terhadap murid sebagai individu menjadi sulit karena tersembunyi di belakang kelompok.
3.        Seluruh waktu belajar didominasi atau dihabiskan kelompok yang pandai-pandai atau yang berani berbicara.
4.        Dapat saja terjadi bahwa kelompok mempunyai satu atau dua anggotanya yang lebih banyak mengganggu diskusi dalam kelompoknya daripada ikut berpartisispasi dalam kelompoknya.[4]
أمّا عيوب طريقة تعلّم اللّغة في المجتمع، فمنها :
١. فمن الصعب تشكيل جماعة ثم أن نعمل معا في وئام.
٢. تقييم التلاميذ كأفراد ستكون صعبة لأنها خفية وراء المجموعة.
٣. كل وقت التعلم سيطره و قضىه مجموعة ذكية أو الشجعة للتّكلّم.
٤. يمكن أن يحدث أن مجموعة لديها واحد أو اثنين من الأعضاء هم أكثر إثارة للقلق من شارك في المناقشة في المجموعة في المجموعة.
IV.              KESIMPULAN
Metode kelompok atau metode diskusi merupakan suatu metode mengajar di mana murid-murid disusun dalam kelompok-kelompok pada waktu menerima pelajaran atau mengerjakan tugas-tugasnya.
طريقة جماعة أو مناقشة هي طريقة التدريس التي يتم تنظيم الطلاب إلى مجموعات في وقت تلقي درسا أو أداء واجباته.
V.              PENUTUP
Demikian pemaparan makalah mengenai metode langsung yang dapat di sampaikan. Saya sebagai pemakalah menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini maih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu saya membutuhkan krtik dan saran yang sangat membangun.
وبالتالي تعرض ورقة على الطريقة المباشرة، والتي يمكن تسليمها أدركت أن كمتحدث في إعداد هذه الورقة لا يزال لديه العديد من أوجه القصور لذلك أنا بحاجة انتقادات وكانت اقتراحات بناءة للغاية.                             


[1] Jusuf Djajadisastra, Metode-Metode Mengajar, (Bandung: Angkasa, 1982). Hlm. 45
[2] Jusuf Djajadisastra, Metode-Metode Mengajar,.... hlm. 50
[3] http://umuassyam.blogspot.co.id/2012/12/metode-pengajaran-berkelompok-together.html
[4] Jusuf Djajadisastra, Metode-Metode Mengajar,.... hlm. 52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar